" Sebuah Polis adalah tanda cinta yang paling tulus - by your side, for life"

Home » , , , , , , , » Wanita perlu tahu tentang Kanker Serviks

Wanita perlu tahu tentang Kanker Serviks

Wanita perlu tahu tentang Kanker Serviks.  Kata kanker ibarat momok menakutkan bagi banyak orang, banyak sekali jenis penyakit kanker yang sering kita dengar dan kita ketahui, namun tahukah anda para wanita mengenai kanker yang satu ini? Berikut sedikit penjelasan mengenai kanker serviks.

Kanker yang sering dijumpai pada wanita adalah 
  1. Kanker Leher Rahim (serviks)   
  2. Kanker Payudara  
  3. Kanker Rahim 
  4. Kanker Indung Telur
Kenapa kanker serviks diletakan diatas sendiri?, jawabanya adalah karena kanker serviks merupakan penyebab terbanyak no. 1 kematian wanita-wanita di Indonesia, berdasarkan statistik setiap jam, satu wanita Indonesia meninggal dunia karena kanker ini.  
Angka kematian yang tinggi ini disebabkan karena kebanyakan penderita datang ke Rumah Sakit sudah terlambat, kanker sudah dalam stadium lanjut, karena memang kanker ini pada stadium dini belum menunjukan gejala sehingga penderita masih bisa melakukan kegiatan sehari-hari.

Diantara gejala-gejala kanker serviks adalah :
  1. Keputihan dan bau (paling sering)  
  2. Pendarahan saat berhubungan badan 
  3. Pendarahan spontan  
  4. Nyeri panggul dan sebagainya
Kanker serviks umumnya disebabkan oleh inveksi virus yakni Human Papilloma Virus (HPV), dan saat ini dapat dicegah dengan vaksin HPV. Awalnya sel kanker berkembang dari serviks / mulut rahim yang letaknya berada di bawah rahim dan di atas vagina. Oleh sebab itu kanker serviks disebut juga kanker leher rahim atau kanker mulut rahim.

Sebelum divaksin perlu pemeriksaan Papsmear/IVA, bila hanya normal atau tidak ada kelainan, maka dapat dilakukan vaksinasi.  Vaksinasi sebaiknya dilakukan disarana kesehatan yang sudah menyediakan vaksin HPV.

Rekomendasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dan HOGI (Himpunan Onkologi-Ginekologi Indonesia), vaksinasi dapat diberikan pada remaja putri mulai usia 10 tahun, vaksinasi sekali untuk seumur hidup.

Sumber : RS Ibu & Anak Mutiara Bunda Malang

Silakan kunjungi website berikut yang mengulas lebih jelas tentang kanker serviks :
http://kankerserviks.org/  
http://www.kankerserviks.com/  
http://id.wikipedia.org/

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Asuransi Unit Link

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ASURANSI UNIT LINK KESEHATAN PENDIDIKAN PENSIUN INVESTASI TERBAIK - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger