" Sebuah Polis adalah tanda cinta yang paling tulus - by your side, for life"

Home » , » Mengenal Stroke

Mengenal Stroke

Mengenal Stroke

Saat yang lalu, pernah diulas cerita mengenai stroke ringan (silakan baca disini) dan kali ini tidak ada salahnya sedikit ulasan mengenai penyakit tersebut, karena stroke merupakan salah satu penyakit menakutkan yang bisa berakibat fatal bagi penderita baik itu meninggal ataupun cacat tetap.  Artikel ini saya rangkum dari berbagai sumber diantaranya medicastore, wikipedia dan stroke.org agar kita lebih mengenal stroke.

Berdasarkan dari data Yayasan Stroke Indonesia, penderita stroke di Indonesia menduduki peringkat pertama di Asia dan menjadi penyebab terjadinya kecacatan serius nomor 1 di dunia, dan mungkin banyak orang yang tidak tahu, pada tanggal 29 Oktober adalah peringatan sebagai hari Stroke sedunia.

1.  Pengertian
Stroke merupakan penyakit defisit neurologis yang bersifat mendadak, pengertian umum adalah adanya gangguan aliran pembuluh darah di otak. Stroke ada 2 yaitu Stroke Iskemik, terjadi ketika arteri tersumbat oleh gumpalan darah atau secara bertahap ada penumpukan plak dan deposit lemak lainya, 87% penderita adalah stroke iskemik. Stroke Hemorragik, karena pecahnya pembuluh darah sehingga menyebabkan suply aliran darah ke otak terhenti, 13% penderita adalah stoke hemorragik.
Penyakit ini tidak hanya mengakibatkan gangguan fisik saja, namun juga mengakibatkan gangguan emosional seperti lupa mendadak, gelap satu mata, pusing, bicara pelo / cadel mendadak, gangguan menelan, kesemutan seluruh badan mendadak, gangguan keseimbangan mendadak.


2.  Faktor Resiko
Faktor resiko yang umum adalah
a. Merokok
b. Alkohol
c. Diabetes
d. Obesitas
e. Hiperkolesterol
f. Hipertensi
g. Riwayat Stroke sebelumnya/riwayat keluarga
h. Usia Lanjut
i. Riwayat gangguan pembuluh darah

Namun tidak menutup kemungkinan kasus-kasus stroke terjadi di usia muda, dikarenakan tingkat stres yang tinggi dan pola hidup yang kurang sehat seperti sering konsumsi makanan siap saji dan kurangnya olah raga.

3.  Stroke Ringan (TIA)
Merupakan salah satu stroke iskemik, singkatan dari Transient Ischemic Attack.  TIA dapat dikatakan sebagai indikasi yang ditimbulkan dari perubahan aliran darah otak yang tidak dapat dideteksi secara klinis dalam waktu 24 jam, namun harus diwaspadai karena tidak ada jaminan akan sembuh dan kembali normal, harus tetap cek kesehatan di tempat pelayanan kesehatan,  karena TIA tidak ada bedanya dengan penanganan stroke.

4.  Gejala

Mendadak mati rasa, kesemutan dan kelemahan pada wajah, tangan, atau   kaki,  pada satu sisi tubuh atau seluruh tubuh
Mendadak kebingungan, lupa mendadak, sulit berbicara ataupun sulit mengerti
Mendadak muncul masalah penglihatan pada satu atau kedua mata (penglihatan ganda, penglihatan gelap)
Mendadak kesulitan berjalan, dan kehilangan keseimbangan tubuh
Mendadak pusing berat tanpa sebab yang jelas
Teknik umum dalam hal kewaspadaan, yang biasa digunakan adalah FAST yaitu :
Metode FAST untuk stroke


F-ace   :cek muka, apakah saat tersenyum terlihat sudut mulut yang turun
A-rms   :dapatkah mengangkat kedua tangan, atau ada tangan yang lemah
S-peech:apakah lancar berbicara dan tidak cadel
T-ime   :Segera hubungi pelayanan kesehatan terdekat, lebih cepat lebih baik. 

Kesehatan itu penting, dengan menjaga pola hidup yang sehat dan rutin berolah raga mengurangi resiko akan berbagai penyakit, karena suatu penyakit bisa menyerang siapa saja, kapan saja, tidak memandang jenis kelamin atau usia.
Sehat itu mahal, kita akan merasakanya saat kita sudah pernah merasakan sakit, bersyukurlah bagi anda yang masih sehat. Tidak ada salahnya kita menabung untuk mempersiapkan biaya kesehatan seandainya suatu saat terjadi resiko sakit, toh seandainya kita selalu diberi kesehatan oleh Yang Kuasa, dana tersebut juga akan berguna untuk hal yang lain.
Semoga artikel ini bermanfaat.

Diulas : Ganang Gatikta


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Asuransi Unit Link

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ASURANSI UNIT LINK KESEHATAN PENDIDIKAN PENSIUN INVESTASI TERBAIK - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger