" Sebuah Polis adalah tanda cinta yang paling tulus - by your side, for life"

Home » , , » Mengenal Kanker Paru-Paru

Mengenal Kanker Paru-Paru

Kanker Paru-Paru

Mengenal kanker paru-paru.

Menyambung artikel saya sebelumnya, kali ini saya akan mengulas artikel mengenai kanker paru-paru, agar kita sama-sama lebih mengenal yang namanya kanker paru.  Artikel ini saya ambil dan rangkum dari berbagi sumber seperti wikipedia.org, kankerparu.org dan yayasan kanker Indonesia. Artikel kanker serviks pada wanita juga pernah diulas, silakan baca "Wanita Perlu tahu tentang Kanker Serviks".


Apa itu kanker paru-paru

Secara sederhana kanker paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali pada jaringan paru, dimana perkembangan atau evolusi terjadinya penyakit dalam lingkungan tertentu belum benar-benar dipahami.
Asal usul sel penyebab kanker sampai sekarang belum dapat dijelaskan, namun ada beberapa teori yang berkembang dari para ahli.

Jenis kanker paru-paru

Lebih dari 90% kanker paru berawal dari bronkus yaitu  jalan udara pada sistem pernapasan yang membawa udara ke paru-paru, hingga kanker ini disebut karsinoma bronkogenik, yang terdiri dari:
  1. Karsinoma sel skuamus
  2. Karsinoma sel kecil
  3. Karsinoma sel besar
  4. Adenokarsinoma paru
Tumor paru-paru yang lebih jarang terjadi adalah:
  1. Adenoma (bisa ganas atau jinak)
  2. Hamartoma kondromatous (jinak)
  3. Sarkoma (ganas)
Banyak kanker yang berasal dari tempat lain menyebar ke paru-paru. Biasanya kanker ini berasal dari payudara, usus besar, prostat, ginjal, tiroid,lambung, leher rahim, rektum, buah zakar, tulang dan kulit

Gejala kanker paru

  1. Batuk yang terus menerus atau menjadi hebat.
  2. Dahak berdarah, berubah warna dan makin banyak.
  3. Napas sesak dan pendek-pendek.
  4. Sakit kepala, nyeri atau retak tulang dengan sebab yang tidak jelas.
  5. Kelelahan kronis
  6. Kehilangan selara makan atau turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
  7. Suara serak/parau.
  8. Pembengkakan di wajah atau leher.
Dikarenakan gejala-gejala tidak begitu kentara, pada banyak kasus penderita kanker paru mengetahuinya secara terlambat sudah pada stadium lanjut, adapun kasus yang ditemukan pada stadium dini itupun terjadi secara kebetulan ketika seseorang melakukan cek medis rutin.

Penyebab utama kanker paru

Pelan tapi pasti,begitulah sifat kanker paru entah apa penyebab pastinya namun bukti menunjukan bahwa perokok adalah kelompok beresiko tinggi. Menurut survei, merokok  merupakan penyebab utama dari sekitar 90% kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70% pada wanita.
Banyak bintang panggung dunia yang menyerah kepada kanker paru-paru ini, sebut saja legenda pop Indonesia, Chrisye yang harus menjalani kemoterapi ke Singapura, Ratu jazz Sarah Vaughan, gitaris The Beatles George Harrison ataupun Nat "King" Cole dan mungkin banyak lagi kasus serupa mengingat rokok sudah menjadi sahabat banyak orang.

Merokok hanya salah satu penyebabnya, terkadang bukan perokok pun masih bisa terkena kanker paru-paru, banyak hal yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker pada tubuh manusia. 
Oleh karena itu, wacana membiasakan pola hidup sehat mengurangi resiko tumbuhnya sel kanker pada diri kita, lebih baik mencegah daripada mengobati, karena kesehatan itu mahal harganya.
Semoga sedikit informasi yang bisa saya rangkum ini, bermanfaat bagi kita semua, terutama saya pribadi.

Diulas : Ganang Gatikta

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Asuransi Unit Link

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ASURANSI UNIT LINK KESEHATAN PENDIDIKAN PENSIUN INVESTASI TERBAIK - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger